Labels

Saturday, January 3, 2015

Kisah Ekspedisi dari Halmahera Selatan

Kembali ke tahun 2011, cerita mengenai sebuah perjalanan menuju timur Indonesia yang kembali dilakukan oleh anggota FDC-IPB. Kali ini Halmahera Selatan menjadi daerah tujuan FDC untuk melakukan monitoring terumbu karang, kondisi sosial ekonomi serta pendidikan lingkungan hidup kepada masyarakat di Pulau Kayoa dan Pulau Guraici. Serangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari Ekspedisi Zooxanthellae XI. 

Seperti ekspedisi sebelumnya, selalu ada tim jangkar sebagai tim pendahulu. Kali ini yang bertugas sebagai tim jangkar adalah Hedra, Ali dan Ade. Sedangkan 22 anggota lainnya menyusul beberapa hari setelahnya dengan menggunakan 2 maskapai penerbangan. Selain anggota FDC, ekspedisi kali ini juga dibantu oleh Bang Firman, seorang dive master dari Ternate, beberapa mahasiswa dari Universitas Khairun, serta Kak Kia dan Mas Christo dari tim Metro Expedition.

Sebelum keberangkatan menuju Ternate
Setibanya di Ternate, tim ekspedisi dibagi menjadi 2 tujuan. Satu tim berangkat menuju Pulau Bacan terlebih dahulu dan satu tim lagi langsung menuju Pulau Guraici. 

Saya bersama iqbal sebagai tim sosek beserta ade dan nabil sebagai tim dokumentasi mendapat tugas untuk mencari informasi ke Pulau Bacan. Di pulau inilah terletak kota Labuha, ibu kota Kabupaten Halmahera Selatan. Kami berempat bergerak dari pelabuhan Bastiong (Ternate) dengan menaiki kapal ferry menuju pelabuhan Bacang, Labuha dengan waktu tempuh 8-10 jam. Selama 2 hari kami mencari informasi ke kantor bupati, DKP serta TPI yang ada di pulau tersebut. Setelah data cukup terkumpul, kami melanjutkan perjalanan menggunakan kapal boat menuju Pulau Lelei, Guraici untuk berkumpul bersama tim lainnya yang sudah mulai melakukan pengambilan data bawah air.

Hasil tangkapan nelayan di TPI Panambuang, Pulau Bacan
Dalam kegiatan ekspedisi ini setiap anggota memiliki tugasnya masing-masing. Pengambilan data karang, ikan karang, benthos serta kondisi fisika kimia perairan dilakukan secara bergantian oleh tiap anggota, sedangkan untuk pengambilan data sosial ekonomi penduduk serta dokumentasi ditugaskan hanya ke beberapa anggota saja. Berhubung saya bersama iqbal berada di tim sosek, hal yang paling sering kami lakukan adalah berjalan mengelilingi pulau untuk mengamati kondisi infrastruktur serta mewawancarai masyarakat setempat mengenai kondisi kehidupan mereka. Terkadang kami diajak masuk ke rumah warga dan berbincang-bincang sambil disuguhi minuman serta makanan kecil (ini nikmatnya menjadi anak sosek), ada kalanya penganan tersebut boleh kami bawa pulang ke penginapan untuk dibagikan kepada teman-teman. Terkadang penganan yang kami bawa bagaikan makanan 'mewah' yang susah didapatkan. Maklum saja, karena dana yang terbatas dan ini merupakan perjalanan 'mahasiswa', maka ekspedisi ini lebih banyak diisi dengan makanan berupa nasi, mie instan, telur, dan ikan yang biasanya didapatkan sebagai hasil memancing.

Selain melakukan pendataan sosial ekonomi penduduk, saya juga berkesempatan untuk melakukan pengambilan data benthos di site Barat Gunange. Meskipun hanya sempat sekali menyelam, paling tidak saya sudah merasakan bawah lautnya Halmahera Selatan. Dan beruntungnya lagi, setelah selesai penyelaman, kami berhenti sejenak di Pulau Gunange dan tepat pada saat itu beberapa warga sedang membuat roti sagu secara tradisional. Alhasil pulang ke penginapan kami membawa pulang oleh-oleh berupa roti sagu dan mangga yang dipetik langsung di Pulau Gunange.

Pengambilan data benthos
Berpose saat safety stop

Kegiatan terakhir dan tidak kalah pentingnya dengan pengambilan data ekspedisi ini adalah memberikan materi lingkungan hidup kepada siswa siswi di beberapa SD, SMP serta SMA yang terletak di Guraici dan Kayoa. Memberikan sedikit pengetahuan mengenai karang, kemudian cara melakukan transplantasi karang serta saling tukar pendapat mengenai pentingnya lingkungan laut merupakan salah satu cara untuk menyadarkan generasi muda di pesisir untuk lebih mencintai dan mampu menjaga laut yang ada di depan mata mereka.

Pendidikan lingkungan hidup di SMA 1 Lelei




1 comment: