Labels

Monday, July 7, 2014

Jembatan Tajuk (Canopy Bridge)

Jembatan Tajuk atau yang biasa disebut dengan Canopy Bridge merupakan salah satu wisata alam yang dapat dijumpai di Balikpapan. Jembatan ini dibangun di atas ketinggian ± 30 meter dari permukaan tanah. Uniknya jembatan ini adalah karena dibangun dengan menghubungkan pohon-pohon bangkirai antara yang satu dengan yang lainnya. Bangkirai (Shorea laevis) merupakan salah satu flora endemik yang dapat ditemukan di hutan Kalimantan. 

Perjalanan menuju Canopy Bridge
Untuk menuju Canopy Bridge, pengunjung perlu berjalan kaki melewati jalan setapak sekitar 500 meter dari pos awal penjagaan. Dengan membayar b
iaya administrasi sebesar Rp. 20.000/orang, pengunjung dapat menaiki Canopy Bridge dan merasakan sensasi berjalan di atas ketinggian lebih dari 20 meter. Jalan menuju lokasi ini agak sedikit mendaki dengan tekstur tanah yang sedikit berpasir. Beberapa anak tangga yang telah dibuat untuk memudahkan para pejalan kaki juga akan kita jumpai dalam perjalanan menuju Canopy Bridge. Perjalanan ini tidak akan terasa lama, apalagi di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi dengan keasrian hutan serta pohon-pohon yang menjulang tinggi di sisi kanan dan kiri jalan setapak.

Setelah melewati jalan setapak, akan terlihat sebuah gerbang masuk 
yang terbuat dari kayu, gerbang inilah yang menandakan bahwa kita telah tiba di depan Canopy Bridge. Setelah melewati gerbang masuk, kita akan menemukan plang mengenai peraturan dalam menaiki jembatan, sejarah beserta foto-foto pada saat pembangunan awal jembatan ini.

Gerbang Kayu sebagai pintu masuk Canopy Bridge
Sejarah serta dokumentasi pembangunan Canopy Bridge
Untuk dapat melewati jembatan tersebut, kita terlebih dahulu harus menaiki anak tangga yang terbuat dari kayu yang melingkari batang pohon bangkirai. Ada empat jembatan yang menghubungkan lima pohon bangkirai. Empat jembatan tersebut dapat dilalui dengan ukuran panjang jembatan yang berbeda-beda. Akan tetapi, hanya ada satu jalur tangga untuk naik dan satu jalur tangga untuk turun, jadi pastikan anda melewati semua jembatan sebelum memutuskan untuk turun =).

Tangga menuju Canopy Bridge


Canopy Bridge

No comments:

Post a Comment