Labels

Saturday, October 26, 2013

Sebuah Kisah Kecil dari Danau Laut Tawar

Danau terluas di daerah Aceh dapat ditemukan di kota Takengon. Danau ini bernama Danau Laut Tawar (atau biasa disebut dengan Danau Lut Tawar). Danau ini kira-kira memiliki luas  5.472 ha, dengan panjang 17 km, dan lebar 3.219 km. Danau ini terletak berdekatan dengan pusat kota Takengon, sehingga tidak jarang dijadikan tempat wisata ketika hari libur tiba.

 
Pemandangan Danau Laut Tawar

Danau inilah yang menjadi saksi pertumbuhan saya. Di danau ini saya belajar berenang, belajar mencintai air, dan belajar untuk bertahan di dalam air. Berhubung kota Takengon tidak memiliki fasilitas kolam renang (pada saat saya kecil), maka kedua orangtua saya mengajarkan saya beserta kakak-kakak saya untuk melatih kemampuan kami di danau ini. Entah kenapa renang menjadi salah satu kemampuan yang harus kami miliki dan hal ini berlaku untuk keluarga besar saya. Meskipun dulu renang yang diajarkan kepada kami tanpa teknik yang seharusnya, tapi kemampuan ini yang menjadi bekal saya beserta kakak saya untuk mengenal dunia diving.

Danau Laut Tawar
Berbicara mengenai Danau Laut Tawar, salah satu ikan endemik yang terdapat di danau ini adalah ikan depik (Rasbora tawarensis). Ikan ini hanya ditemukan di Danau Laut Tawar dan keberadaan ikan ini mulai terancam dikarenakan populasinya yang semakin berkurang. Ikan ini biasa dijual basah dan kering, dan umumnya dimasak menjadi pengat, masam jeng (masakan khas dari Tanah Gayo), digoreng kering atau dicampurkan dengan jenis masakan lainnya.

No comments:

Post a Comment