Labels

Saturday, October 26, 2013

'Bur Gayo' Pendakian Tersantai di Aceh Tengah

Bur dalam bahasa Gayo berarti gunung, Bur Gayo atau biasa disebut Burni Gayo (Gunungnya Gayo) merupakan salah satu gunung di antara barisan-barisan gunung lainnya yang mengelilingi dataran Tanah Gayo. Saat ini gunung tersebut sangat mudah dikenali karena sudah ada jalan aspal menuju bagian atasnya, serta terdapat tulisan “GAYO HIGHLAND” yang menurut saya kini menjadi salah satu ‘icon’ kota Takengon, meskipun kondisinya saat ini sudah mulai rusak karena kurangnya perawatan.

Tulisan 'Gayo Highland' sebagai penanda kita berada di kawasan Tanah Gayo

Ketika saya masih SMP, gunung ini cukup digemari untuk didaki oleh masyarakat Takengon, karena hampir setiap hari saya melihat orang yang naik-turun gunung tersebut, termasuk saya beserta keluarga. Jaraknya yang tidak jauh dari pusat kota, serta tidak terlalu tinggi untuk didaki. Hanya dalam waktu 30-45 menit dan dengan berjalan santai, kita dapat menjangkau puncak Burni Gayo. Selain itu, apabila kita menelusuri hingga ke belakang gunung, pada bagian kaki gunung, kita akan bertemu langsung  dengan Danau Laut Tawar. 

 


Hal ini yang sering kali saya lakukan bersama keluarga maupun teman-teman sekolah saya. Kami menaiki Bur Gayo dengan membawa bekal secukupnya, setelah itu menyusuri gunung hingga bertemu dengan danau dan akhirnya tujuan akhir kami adalah berenang dan menikmati keindahan Danau Laut Tawar. Akan tetapi, kepamoran Bur Gayo sepertinya kini mulai berkurang. Tidak ada lagi lalu lalang orang yang menaiki gunung seperti dulu. Hingga akhirnya saya mencoba untuk mendaki bersama kakak saya akhir Januari 2012 kemarin untuk melihat jalur setapak yang dulu biasanya digunakan para pendaki. Jalur yang dulu digunakan sepertinya sudah tertutup oleh rumput liar, sehingga akhirnya kami menggunakan jalur yang biasa dilewati kerbau (terlihat dari kotoran kerbau yang banyak ditemukan) untuk jalur kami menuruni gunung.


mentari pagi yang dapat dinikmati dari atas Bur Gayo



1 comment:

  1. Ciyeeeee akhirnyaa menulis jugaaa.... Mantappp.....
    Lanjut non....

    ReplyDelete