Labels

Tuesday, October 8, 2013

'Takengon' Kota Kecil di Tengah Pengunungan

Takengon, sebuah kota kecil yang terletak di tengah provinsi Aceh. Kota ini merupakan salah satu ibukota kabupaten, tepatnya kabupaten Aceh Tengah yang biasanya disebut juga sebagai Tanah Gayo (termasuk kab. Bener Meriah). 
Bagi saya pesona serta ketenangan yang diberikan oleh kota ini selalu mampu membuat saya untuk kembali pulang ke rumah. Yapp, kota ini merupakan tempat dimana saya dilahiran dan dibesarkan, mungkin lebih tepatnya disebut sebagai kampung halaman. Dengan keindahan alam yang ditawarkan, serta kebudayaan dan keramahtamahan penduduknya, Takengon mampu memberikan rasa kenyamanan bagi siapapun yang berkunjung ke kota ini. Menilik kembali kepada asalnya, berdasarkan cerita dari orang tua jaman dulu, ada yang mengatakan bahwa Takengon berasal dari kata “tekongan” yang dalam bahasa Gayo (bahasa asli daerah Takengon) artinya “berbelok”. Mungkin berbelok yang dimaksudkan disini adalah perjalanan yang ditempuh untuk menuju kota ini harus melewati perjalanan menembus pegunungan yang berliku-liku. Selain itu, ada pula yang menyebutkan bahwa Takengon berasal dari kata “ntah kite engon”, yang artinya “mari kita lihat”. Apabila dicermati, makna ini seakan-akan mengajak kita untuk melihat Takengon dan menikmati keindahan yang ditawarkan dari sebuah kota kecil yang dikelilingi pegunungan ini.  

Pemandangan Kota Takengon dilihat dari atas Bur Gayo
   
Suhu udara yang sejuk dengan temperatur berkisar antara 16-27 derajat Celcius memastikan siapapun yang keluar di pagi hari harus mengenakan jaket atau pakaian tebal lainnya. Meskipun saya berasal dari kota ini, tetapi dalam setiap kesempatan kembali pulang, saya harus selalu berhadapan dengan flu dan dinginnya air yang terasa seperti dicampur dengan es. 

Posisi Kota yang berdampingan langsung dengan Danau Lut Tawar
Terima kasih kepada Sang Maha Pencipta yang telah memberikan keindahan luar biasa bagi kota kecil ini. Saya bangga dibesarkan di kota ini dan dari sinilah semua perjalanan hidup saya di mulai.

1 comment:

  1. Hey, writer.. I am waiting other stories from you!
    I knew you already went to several places. Why don't you share all of those stories?
    It is interesting..
    You can publish both on your FB or group account.

    I do realise that your blogspot link is .co.uk so that means you registered location as UK region. Cool!
    Hopefully, you can go to UK for real.
    The best wishes for you, writer...

    ReplyDelete