Labels

Monday, July 7, 2014

Transit Sejenak di Kota Bitung

Setelah menyelesaikan kegiatan Ekspedisi Zooxanthellae X di Biak, saya bersama tim bergerak menuju Manado untuk mengikuti acara Sail Bunaken 2009. Bitung sebenarnya hanya menjadi tempat transit kami sebelum menuju Manado. Karena kami kembali menaiki kapal PELNI, maka pelabuhan terdekat menuju kota Manado adalah Pelabuhan Bitung.

Pelabuhan Bitung saat ini terus dikembangkan menjadi pelabuhan internasional karena posisinya yang cukup strategis menjadi pintu gerbang untuk akses ke pasar Asia Pasifik (Asia Timur, Amerika dan Oceania). Bitung merupakan salah satu kota yang terdapat di Sulawesi Utara. Perjalanan kami dari Biak menuju Bitung menghabiskan waktu 3-4 hari (saya lupa berapa hari pastinya), paling tidak perjalanan ini tidak sejauh perjalanan awal kami dari Jakarta menuju Biak.
Bergaya sejenak dengan kulit hasil paparan sinar matahari
Setibanya di Pelabuhan Bitung, kami melanjutkan perjalanan menuju kota Manado dengan menyewa angkot. Uniknya angkot pada saat itu adalah adanya pembagian sistem genap ganjil. Angkot yang sudah memiliki penanda ganjil hanya boleh beroperasi pada hari senin, rabu, jumat, sedangkan angkot genap beroperasi pada hari selasa, kamis, sabtu. Nah untuk hari minggu saya lupa kebijakannya seperti apa, yang pasti menurut supir angkot (yang kami naiki) apabila ada angkot yang melanggar hari beroperasi seharusnya, maka akan dikenai denda.

No comments:

Post a Comment