Labels

Monday, July 7, 2014

Sail Bunaken 2009

Sail Bunaken 2009 yang bertema “Jaga Laut Kita Untuk Generasi Mendatang” merupakan kegiatan kebaharian nasional berdimensi internasional dalam rangka membangun rasa Seaman Brotherhood (rasa persaudaraan sesama pelaut) dan mempererat hubungan antara negara, yang terdiri dari 10 kegiatan utama, yaitu:
1. International Fleet Review (pawai kapal perang dan tallship), dikonfirmasi 14 Negara akan turut serta dengan delegasi kapal perangnya termasuk Kapal Induk Amerika Serikat (USS Goerge Washington).
2. Selam massal (2000 penyelam, yang akan dicatat dalam pemecahan rekor dunia), sekaligus Upacara Bawah Air Hari Kemerdekaan RI.
3. Perhelatan Olahraga Bahari (Jetski, Memancing, dan Ski Air)
4. Yacht Race (relli kapal pesiar), diikuti lebih dari 100 Kapal pesiar dari seluruh dunia.
5. Seminar tentang Maritime Security dan Fishing Impact
6. Kirab Kota dan Parade/Festival Bunga
7. Parade Budaya dan Makanan Nusantara
8. Pesta Kembang Api
9. Admiral Dinner
10. Open Ship      (http://data.menkokesra.go.id/content/sail-bunaken-2009)

Nah dalam ajang ini, para tim ekspedisi zooxanthellae X juga ikut serta pada kegiatan selam massal. Tetapi yang mengikuti kegiatan ini hanya 16 orang saja, karena saya, mumu dan arief masih berstatus ‘diklat’ sehingga kami belum memiliki sertifikat (license) untuk menyelam. Diving licensemerupakan salah satu persyaratan untuk mengikuti kegiatan ini, dengan jenjang minimal A1 atau open water.
Para penyelam bersiap untuk berbaris di bawah laut
Kegiatan selam massal ini sebenarnya tidak dilakukan di Bunaken, melainkan di Pantai Malalayang, Manado. Sebanyak 2.567 penyelam membentuk barisan di bawah air dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, sehingga ajang ini mampu memecahkan Guinnes Book of Record.Berhubung saya tidak ikut menyelam, jadi saya ditugaskan untuk mengabadikan kegiatan ini dari darat. Walaupun saya tidak bisa ikut serta menyelam bersama dan berbaris di bawah laut, tetapi euforia kebanggaan serta takjub melihat begitu banyak penyelam yang masuk ke perairan membuat saya serasa ikut serta bersama mereka.

Sail Bunaken 2009

No comments:

Post a Comment