Labels

Monday, July 7, 2014

Perjalanan Menuju Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai merupakan salah satu lokasi wisata alam yang dapat ditemukan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Bukit Bangkirai terletak di kawasan Taman Hutan Raya Bukit Soeharto. Kawasan Taman Hutan Raya Bukit Soeharto terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan sebagian kecil di Kabupaten Panajam Paser Utara - Kalimantan Timur. Sebagian kawasan terpotong oleh jalan poros Samarinda-Balikpapan.

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto
Luas Hutan Raya Bukit Soeharto ± 61.850 Ha. Tujuan Penunjukan wilayah ini adalah untuk melindungi, menjaga kelestarian dan menjamin pemanfaatan potensi kawasan dan berfungsi sebagai wilayah untuk koleksi tumbuhan dan satwa yang alami atau bukan alami, jenis asli dan atau bukan asli yang dapat dipergunakan untuk kepentingan penelitian, pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi (www.lingkunganhijau.com).

Untuk menuju kawasan ini, jalur yang ditempuh berupa jalur darat. Apabila bergerak dari Samarinda, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1,5 jam, sedangkan dari Balikpapan kurang lebih 45 menit.







Saya bersama kedua teman backpacker saya, Umi dan Denur memutuskan untuk mengunjungi lokasi ini hanya dengan berbekal informasi dari internet dan bertanya pada penduduk lokal. Dengan menaiki angkot 03 dari tempat kami menginap, lalu kami menuju terminal Batu Ampar dan kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan angkot 08. Setibanya di lokasi (tempat berdirinya penanda memasuki TAHURA Bukit Soeharto), kami sempat kebingungan mencari kendaraan menuju Bukit Bangkirai. Dengan bertanya kepada ibu pedagang di pinggir jalan, akhirnya kami medapatkan 2 opsi kendaraan yang bisa di sewa, yaitu motor dan mobil. Berdasarkan informasi dari si ibu pula kami mengetahui bahwa perjalanan menuju lokasi yang kami inginkan memiliki medan yang cukup sulit karena sebagian besar jalan masih berupa tanah merah. Lokasi yang ternyata masih cukup jauh untuk ditempuh (sekitar 15 km lagi), akhirnya memutuskan kami untuk menyewa mobil beserta dengan seorang supir yang merangkap sebagai tour guide yang nantinya memandu kami memasuki kawasan wisata alam ini.

Gerbang awal untuk memasuki kawasan wisata alam Bukit Bangkirai
Selamat Datang di Bukit Bangkirai

No comments:

Post a Comment